Pernah Bayangin jadi Auditor?

Hai hallo.. Assalamualaikum...


Pernah bayangin gak?

Aku aja gak pernah! Hahahaha. Hidupku sejak SMA itu dituntut untuk 'Kamu harus masuk STAN biar sekolah gratis gak bayar' 'Gak usah ambil FK gak ada duitnya' dan so on. 

Terus akhirnya di kelas 12 dapat berita kalo STAN belum tentu buka di tahun 2013. Alhasil? Cari alternatif. Entalah angin apa membawa ke jurusan Akuntansi. Mungkin karena STAN, ya Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, end up ya sekolah di Akuntansi aja. Jadi juru ketik di kantoran (well literally yes but disagree for specific subject, all employee nowadays adalah juru ketik masing-masing bosnya haha). Yasudah pick Akuntansi, Manajemen di Unair untuk undangan.. Alhamdulillah nyangkutlah di pilihan pertama. Syok? Biasa aja.. Terus berpikir jadi apaya kelak... Terus aku mulai baca-baca sih di internet jurusan ini, mata kuliah, dan alumni or siswa berprestasi. Ada bacaan yang IPK sekian something jadi mawapres dan wow aku ingin seperti dia (tapi ya sampe lulus juga ngga). Terus ketemu temen-temen kampus yang notabene 'Bapake di X' 'Ibunya kerja di Y' 'Bapake auditor di Z' be like 'Oh that's amazing kerja di ono di ini hmm alumni lagi bisa-bisa'. Terus liat lulusan.. I adore much.. Pak Ignatius Jonan.. kulik-kulik, beserta istrinya. Terus end up wow how they start their career path? I got this around my first semester sambil belajar njurnal akuntansi sambil ngulik what my career path will be.

Melihat sisi pak Jonan hmm he starts as bankir dan uda red flag lah buat aku karena aku gak bisa kerja di bank kan (keyakinan doank). Terus I switch to searching about his lady. Terus dapatlah salah satu nama KAP afiliasi bule, EY Indonesia. Akhirnya aku punya interest! Aku coba-coba deep research about apasih KAP, kerjaannya ngapain.. Terus makin lama makin seru saja dulu baca blog or thread kaskus (yaampun ketauan how old I am) kayak susah banget kerja jadi konsultan audit or auditor. Tidur sebentar, makan di depan laptop, quite challenging tapi kepo terus berlanjut. Long story short, saat bergabung di Himpunan Mahasiswa, kenalan sama salah satu alumni yang jadi partner di KAP yang sama seperti istri Pak Jonan. Ya sudah pasti saya tidak dilihat but Rasyid did tapi ku mah bodo amat ya. Ku kepo-kepo, ku dengar pembicaraan.. Seems good. Yasudah akhirnya aku memutuskan untuk coba kali jadi auditor apakah that's cool?

Tibalah saat semester 5 sekitar tahun 2016 awal liburan semester, aku mencoba ikut Rasyid dan senior-senior Hima panutan aku mas Irfan, mas Ochim, mas Tighfar, mba Lala, dan mas Raka buat magang di salah satu KAP lokal di Surabaya. Selama sebulan magang disana.. Seru sih keliling-keliling Surabaya wakak. Sekedar anter dokumen sama sopir or bener-bener vouching di klien! Ke gudangnya terus ngobrol ma klien kenalan.. seruuuuuuuuu! (Emang dasarnya suka ketemu orang baru ngajak ngobrol). Terus ternyata di 2016 bulan Maret, kampus aku mengadakan Campus Hiring yang dilaksanakan EY Indonesia. Aku masih semester 5 jadi ya coba-coba aja. Duduk di Aula Fadjar Notonegoro sama senior-senior aku angkatan 2012.. Ikut tes campus hiring selama kurang lebih 3 - 4 jam. Saat selesai, ternyata mba MC menyampaikan '.. kami utamakan yang tahun ini lulus ya..' ya I ended up sedih sudah pasti tidak kepanggil hahaha. Waktu berlalu dan aku berusaha untuk coba lulus dengan tepat waktu, di bulan November tahun 2016, si KAP Tanudiredja Wibisana Rintis dan Rekan atau yang disebut PwC Indonesia, mengadakan campus hiring juga pertama kali di kampus aku! So happy. Tapi..... di hari yang sama aku jadi panitia sebuah acara di Malang. Sebagai manusia bertanggung jawab, ya jadi panitia kan?? Tapi nih ada temen nih, sebut saja Rasyid Mochammad yang dia stay up late di kampus alasan mengawal our speakers buat berangkat bareng ni, ternyata dia mengikuti tes PwC donk! Kesel? Sampe Malang ku maki-maki :) Untung lah aku teman yang fair yang ya sudah emang belum rezeki ikut tes di PwC.

Dan tibalah di tahun 2017, on graduation year, bulan Maret juga, EY Indonesia lagi-lagi ngadaian Campus Hiring donk! Gak mau melewatkan seperti sebelumnya, auto daftar. Tesnya sih Pajak, Akuntansi, Audit, Bahasa Inggris.. Bahasa Inggris ya kayak toefl ELPT gitu lahya banyak soal dan ada listening juga lo. Terus pas ujian Akuntansi, Pajak, dan Audit (masing-masing 25 - 30 soal) bener-bener soalnya dikit tapi lumayan susah dannnn... ada esai 2 soal! Ada beberapa soal tapi kerjain 2 aja. Aku inget banget bikin indirect cashflow.. tapi karena aku gak bisa, yauda ku tulis ulang soalnya :( Wakakakak jangan di contoh. Ujiannya bener-bener sama waktunya 3-4 jam. Sampe siang ada break.. eh mba MC bilang nanti ada tes wawancara langsung buat beberapa orang.. terus sisanya wawancara besok di kantor EY Indonesia Surabaya. Aku ternyata kedapetan wawancara hari itu.. Tebak di interview sama siapa? Langsung partner alumni Unair! Bu Ratna donk! Karena Campus Hiring, kita jump gak pakai interview HR ya. Disitu kayak open interview. Ada 6 orang sekaligus dan 1 batch apaya sama Nanda. Iya gak ya Nan? Lupa. Yang jelas interviewnya santai banget. Nanya akuntansi basic tapi banyaknya lebih menjelaskan kerja dan bertanya kemampuan kita untuk kerja tim, working overtime, travelling, dan sebagainya. Ohiya, juga ditanyain kita tau PSAK apa (yang kamu kuasain) dan disuruh jelaskan! Disini aku coba show off PSAK apa coba? PSAK 14... Ngide banget sumpah! Hahahaha. Bu Ratna ada feedback? Ada donkkk.. Setelah kita menjelaskan atau menjawab pertanyaan secara bergiliran, beliau memberikan feedback. Beliau ndak menghakimi you salah you bener, tapi lebih meluruskan kalau dari segi kita sebagai auditor itu seperti apa. So far interview ramaian berjalan 1 jam dan itu seru banget kayak kurang. Eh ternyata beneran, yang di interview Pak Dadang bahkan sampai 1,5 jam karena beliau sambil cerita-cerita! Hahahaha... Dan dang... kita menunggu hasil interview sangat lama.

Ternyata awal Mei, KAP Satrio Bing Eny atau yang disebut Deloitte Indonesia pun adain Campus Hiring di Unair! Ya jelas daftar lah. Samaaa.. soal yang ditawarkan Bahasa Inggris (jauh lebih susah seperti toefl PBT) dan Audit, Akutansi, dan Pajak... tapi tidak ada esai. Waktunya pun jauh lebih lama hampir 4 jam karena... soalnya buanyak banget in total hampir 100an soal.. Buanyak banget.. Tapi aku sungguh lebih percaya diri. Lalu disini gak ada interview HR maupun partner! Dia bilang interview kalau nanti sudah lolos tes tulis.. Jadi yasudah kita menunggu hasilnya..

Waktu berjalan cukup lama sampai pada akhirnya di bulan Mei 2017 aku merasa butuh kerja.. tapi EY maupun Deloitte gak ada yang hubungi aku.. Sudah pesimis.. akhirnya apply lah saya ke KAP lokal di Surabaya yaitu KAP Paul Hadiwinata, Arsono, dan Rekan atau disebut PKF Indonesia. Jalur dalam, iya sih aku inget aku email ke masnya temanku, Bagas ^^ Hahahaha. Tes di PKF Surabaya sih lebih simple dan sedikit. Tes akuntansi, pajak, audit (tidak banyak) dan ada esai donk! Banyak lagi 5 soal lagi. Seputar menjurnal beberapa transaksi perusahaan dan membuat laporannya. Part terakhir aku ga ada banyakan Balance Sheet ("BS") dan Profit Loss ("PL") itu apa dan gimana bentuknya :( Terus selesai, eh dapat tawaran interview sama partner langsung yaitu Pak Ary. Aku senang sekali dan antusias. Beliau bener-bener expertise di audit bank. Eh ternyata lolos, ya sudah bergabung di PKF. Asli 1 minggu awal bingung ngapain... minggu kedua baru mulai ada temen yaitu Pak Wahyu dan Pak Alam (ini beliau anak buah Pak Ary dari KAP sebelumnya).  Terus tiba-tiba dapat tawaran ngaudit dimana... Ambon! Buat anak baru sangat "MAU MAU MAU" dalam hati aja tapi.. diluar "Boleh Pak siap!". 

Ah I really enjoy ngaudit di Ambon hingga pada minggu ke-2 di Ambon dapat email........ EY Indonesia sent you an offering! Antara seneng sedih campur aduk banget lah hidupku.. Terus EY kayak butuh cepet-cepet kayak beginning of next month ke Jakarta buat terima offering dan sebagainya. Hari ke-2 dari email tersebut, mencoba menjelaskan ke manager aku, Pak Wahyu waktu itu. Beliau sangat fair orangnya dan super baik. Beliau bilang kalo itu kesempatan bagus banget dan gabisa di sia-siakan.. Akhirnya ku ambil offering di EY dan minta dimundurin in next month gitu tapi akhir bulan untuk datang signing contract. EY menyanggupi. Aku inget banget drama ini banget. Jadi kayak di tengah bulan September 2017 itu terus berusaha reach out ke EY gimana status aku dan tanggal berapa aku harus ke Jakarta buat tanda tangan offering. EY Indonesia bener-bener kayak get lost! Telpon pertama, tim HR mereka bilang dokumen aku hilang jadi harus dicari nanti dia catch up. Telpon kedua, tim HR bilang dokumen aku gak ketemu dan aku harus tes lagi tapi tulis aja gitu dan kirim beberapa dokumen. Aneh kan? Kayak emang aku tu nge-reject EY dengan menunda signing contract day aku di awal itu. Bener-bener kayak data anak-anak gak di maintain dengan OK sih. Aku sempet kecewa dan aku coba komunikasikan baik sih via call. Eh alhamdulillah ternyata tiba-tiba salah satu HRnya email aku bilang aku tinggal submit dokumen aja sih. Aku seneng!!! Terus gak lama at the end of September, dapatlah email onboarding day aku! Then the journey in EY starts deh...


Jadi.. begitulah lika liku hingga menjadi auditor sampai sekarang (masih aja... gak tau nanti). So far aku masih enjoy menjadi auditor. Kenapa sih?

1. Ketemu orang baru dan banyak kenalan -- bayangi WA aku isinya klien semua mostly. Jadi kalo ada yang mau jadi auditor, benernya HP dan nomornya 2 ya! Hahahaha. Memang kita gak bisa milih klien kita si sejauh ini (karena masih kroco hahaha), tapi bertemu dan berkenalan menjalin silaturahmi, itu bener-bener cocok di aku. Jangan salah ya, aku dulu awalnya introvert. Tapi gegara jadi auditor, aku jadi ambivert! Hahaha.

2. Jalan-jalan. Ini gak boong sih! Entah cuma di dalam kota maupun keluar kota. Keuntungan gak si bisa masuk-masuk kantor orang gapake takut? Yang ada mereka yang takut kita datengin! Hahahaha. Kalo luar kota ya, silahkan nikmatin sendiri masing-masing! Wakaka

3. Belajar hal teknikal. Akuntansi tu gak sekedar debet kredit tapi buanyak banget. Kadang capek tapi tenang kamu gak harus expert semuanya at least kamu tau. Kalo auditnya? Ini masalah logical thinking aja. Prosedur audit mungkin memang itu-itu aja, tapi dengan jalannya waktu, mereka bisa broader aja gitu!

4. Belajar soft skills. Banget! Aku introvert ya dan pendiem, tapi menjadi auditor bener-bener membuka wawasan untuk berani ngomong mengutarakan pendapat, bertanya, bersosialisasi, manage waktu, leadership, dan lainnya. Sungguh gak boong. Aku merasa jadi lebih baik banget dari sebelumnya aku.. pikiranku juga kayak growth meski dikit-dikit daripada waktu aku kuliah. Temen aku bener-bener banyakkk... dari yang tua hingga muda dan aku bersyukur banget.

Begitulah kesan-kesanku menjadi auditor.. semoga bisa jadi referensi yang membaca gimana jadi auditor dan mau jadi auditor hahaha. Kalo ada yang mau jadi auditor dan mau nanya lebih private, silahkan saja email aku....

See youuu


Dari yang hari ini rebahan aja,

Adelia


Footnote: Di akhir Oktober 2017, Deloitte menelpon dan menerima aku loh! Pas jam kerja lagi nelponnya dan di klien! Tapi aku bilang aku sudah kerja hahaha karena aku lagi enjoy di EY pada masanyaaa...

Comments

Popular posts from this blog

Welcome, 2018!

Internship? Why Not. (Part 1)

16 bulan working from home